BAGAIMANA MEMBUAT STAF LOYAL & ALL-OUT

Jika Bos Royal maka Staf Loyal

Menjalin kedekatan Personal dengan meluangkan waktu untuk berkomunikasi, berkunjung bawa makanan ringan sekalipun dan juga Gathering, selain hal tersebut menciptakan lingkungan kerja kondusif dan produktif juga sangat penting untuk menjaga performa.

Dalam menciptakan lingkungan yang kondusif dan produktif antara lain dengan menegakkan disiplin kerja, membuat peraturan yang jelas, menyediakan sarana kerja yang komplit, briefing rutin untuk menguatkan teamwork. Dengan anda berfikir menjadi seorang karyawan maka anda akan tahu psikologi mereka, ada 8 hal yang secara umum diinginkan seorang karyawan antara lain :

1. Karyawan Ingin Dihargai

Mereka ingin apa yang mereka lakukan dihargai perusahaan & dianggap sebagai bagian integral dari pertumbuhan bisnis dan masa depan perusahaan. Apabila karyawan merasa di anggap sebagai mitra usaha maka kita bisa memberikan kepada mereka :

a. Ucapkan TERIMA KASIH

Cara pertama sangat sederhana, yang perlu Anda lakukan adalah menyampaikan rasa terima kasih kepada karyawan atas bantuan mereka. Mengucapkan terima kasih adalah bentuk ungkapan terima kasih paling sederhana namun paling ampuh.

Mengucapkan terima kasih menyiratkan bahwa Anda memperhatikan pekerjaan mereka dan Anda memberitahu mereka betapa apa yang mereka kerjakan penting bagi perusahaan. Namun tentu saja, Anda harus mengucapkannya secara personal dan dengan tulus, karena orang dapat membedakan ungkapan terima kasih yang tulus dan yang tak tulus.

b. Penuh perhatian

Adakan acara di luar kantor. Tak perlu sangat sering, namun Anda harus melakukannya terkadang. Makan siang dengan para karyawan dan berbicara lah mengenai hal-hal yang tak ada hubungannya dengan kantor dan pekerjaan mereka.

Tanyakan mereka apa saja hasrat, mimpi dan tujuan masa depan mereka. Perhatikan dengan sungguh-sungguh, bagikan pikiran Anda dan beritahu mereka bagaimana Anda dapat membantu mereka.

Atau, Anda bisa menjadwalkan kegiatan-kegiatan menyenangkan dan menarik untuk dilakukan bersama-sama di luar jam kerja.

Melakukan kegiatan-kegiatan seperti yang telah dijelaskan akan membuat karyawan merasa lebih senang. Karyawan perlu tahu bahwa mereka dihargai dan dicintai.

c. Biarkan karyawan lain tahu

Selain mengungkapkan rasa terima kasih secara pribadi, Anda juga dapat menghargai para karyawan di hadapan publik, seperti dalam rapat dengan tim. Pada saat mengadakan pertemuan, beritahukan kepada seluruh peserta bahwa Anda berterima kasih atas bantuan karyawan-karyawan yang telah membantu Anda. Pengakuan seperti itu menunjukkan apresiasi. Pada umumnya orang senang mendapatkan pujian. Tapi tentu saja, Anda harus menemukan cara agar apresiasi tersebut keluar secara alami pada saat rapat.

4. Kesempatan karir

Cara keren lainnya untuk menunjukkan kepada karyawan bahwa Anda menghargai mereka adalah dengan menemukan kesempatan karir bagi mereka. Beri mereka kesempatan untuk tumbuh dan berkembang. Biarkan mereka tahu Anda yakin akan kemampuan mereka, bahwa mereka akan mampu memberikan performa terbaik jika diberikan kesempatan.

5. Membiarkan pintu terbuka

Interaksi dengan karyawan penting untuk menjaga hubungan baik. Seringlah mengobrol dengan karyawan Anda. Kapan pun memungkinkan, biarkan pintu ruangan Anda terbuka. Membiarkan pintu terbuka dan mengobrol dengan santai bersama karyawan menunjukkan bahwa Anda menghargai karyawan Anda bukan hanya sebagai karyawan, tetapi juga sebagai manusia.

6. Traktir

Mentraktir karyawan mungkin terdengar bodoh dan konyol di telinga Anda, namun tidak bagi karyawan Anda. Misalnya, Anda bisa membawakan mereka donat atau yang lainnya agar mereka tahu bahwa Anda menghargai kerja keras mereka. Mungkin sesederhana itu, tetapi orang menghargai hal-hal kecil. Hal-hal kecil lah yang paling penting.

2. Karyawan Ingin Merasa Terjamin

Kita tahu tidak ada yang namanya pekerjaan seumur hidup. Akan tapi yang penting adalah langkah perusahaan untuk menunjukkan bahwa perusahaan peduli akan kesejahteraan karyawannya, seperti halnya Tunjangan kesehatan.

3. Karyawan Ingin Merasa Tertantang

Kebosanan bisa membuat Stres dengan cara yang sama seperti kelebihan beban kerja, tidak ada yang lebih buruk dari pada melihat mereka hanya duduk di belakang meja nunggu waktu pulang, tidak produktif lagi. Jika para staf sudah stagnan maka performa perusahaan akan stagnan atau bahkan turun. Perlu ada kreativitas, inovasi dan penciptaan kesempatan bagi karyawan untuk tumbuh dan memperluas basis pengetahuan mereka.

4. Karyawan Ingin Terlibat

SENSE of BELONGING atau Rasa memiliki perusahaan sangat penting ditanamkan kepada karyawan, mereka akan merasa menjadi bagian dari proses pengambilan keputusan. beberapa cara  untuk menumbuhkan rasa memiliki yaitu :

a. Meminta masukan dari karyawan dalam mengambil kebijakan.

b. Menampung usulan dan ide mereka untuk membangun perusahaan.

5. Karyawan Butuh Otonomi

Jika Anda mencari kepuasan kerja, kemungkinan besar Anda juga mencari otonomi, dengan memberikan kebebasan & fleksibilitas dalam hal peran atau bahkan jam kerja hampir pasti akan membuat karyawan lebih produktif. Orang tidak suka merasa diawasi karena tidak akan membantu mereka tumbuh dan melakukan hal produktif. oleh karena itu cukup anda mengedukasi Visi dan Misi, memberikan SOP, membuat Target pencapaian, serta Kontrol reportnya.

6. Karyawan Ingin Mendapat Penghargaan

Menyediakan waktu untuk berbicara dengan karyawan tentang keadaan mereka akan memberikan manfaat besar bagi perusahaan. Hal ini bukan hanya mengacu pada sistem penilaian setahun sekali, akan tetapi tentang sistem penilaian yg berkelanjutan di mana ada dialog terus-menerus antara bos dan semua karyawan.

7. Karyawan Ingin Didengar

Biasanya setiap orang memiliki jadwal penuh dan ini sering terjadi, tidak ada yang memiliki waktu untuk berbicara dengan siapa pun, kecuali email yang memberikan instruksi. Namun, masalahnya adalah bagaimana menyediakan waktu untuk duduk dan benar-benar mendengarkan apa yang dikatakan orang lain.

Tentu saja, dibutuhkan waktu dan sebagai manajer dengan target dan jadwal yang ketat, Anda mungkin berkata Anda tidak memiliki kesempatan untuk mendengarkan. Namun, sebagai pemimpin tim yang mengelola orang melakukan pekerjaannya, kadang Anda harus menemukan dan menyediakan waktu untuk mendengarkan mereka.

8. Karyawan Ingin Merasa Aman

Perilaku bullying masih marak terjadi di banyak perusahaan dan karyawan ingin merasa bahwa mereka aman dari pelecehan atau intimidasi. Mereka selalu mencari tahu apakah perusahaan memiliki kebijakan tidak ada toleransi untuk intimidasi mulai dari pucuk pimpinan hingga ke bawah. Perilaku tidak dapat diterima harus diidentifikasi dengan cepat dan harus ada tindakan perbaikan yang dilakukan oleh manajemen.

Copas Pak Doby SBC Solo

BAGAIMANA MEMBUAT STAF LOYAL & ALL-OUT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *