Toko Harits Siap Work From HomePosted by On 26-03-2020

work-from-home

Di tengah penyebaran virus corona yang semakin parah banyak pengusaha yang mengalami kesulitan dalam menjalankan bisnis mereka, terlebih bagi mereka yang masih menerapkan sistem offline. Praktis perputaran modal berhenti bila customer ketakutan untuk keluar rumah, karyawan pun mulai was was dengan adanya kontak langsung dengan customer. Berbeda halnya dengan online shop atau para pebisnis yang sudah memakai media digital di salah satu model bisnis mereka, ada peluang kegiatan bisnis mereka tetap berjalan.

Demikian halnya tokoharits.com yang selama ini menekuni bisnis dengan sistem online sangat bersyukur masih terbuka peluang di model bisnis online ini, memang tidak bisa dipungkiri ada pengaruh akibat meluasnya wabah corona di operasional kami, diantaranya :

  1. Penurunan Omzet : Untuk mengurangi penyebaran virus corona, tokoharits.com melakukan beberapa langkah diantaranya dengan menutup transaksi offline. Ada beberapa transaksi yang terkendala atau bahkan tidak bisa terlayani, diantaranya :
    a. pembelian produk langsung ke toko
    b. tidak melayani pembayaran tunai
    c. tidak menerima titipan paket kiriman dari fihak luar
  2. Dampak tidak langsung berupa tersendatnya cashflow akibat beberapa customer yang toko – toko mereka tutup atau jarang ada pengunjung yang merupakan dampak dari kebijakan lockdown/ anjuran menjauhi tempat keramaian, sehingga mengakibatkan penundaan pembayaran.
  3. Kendala transportasi pegawai : tidak semua karyawan tokoharits.com berlokasi dekat dengan kantor, bahkan ada yang jauh dan sarana untuk ke kantor memakai kendaraan umum, sehingga resiko penularan virus corona sangat tinggi, sehingga WFH( Work From Home) adalah effektif untuk beberapa karyawan kami.

Keadaan diatas menuntut tokoharits.com harus segera membuat langkah-langkah strategis agar bisa bertahan di tengah badai musibah. peluang besar yang masih bisa di lakukan adalah dengan penjualan retail online, yang mana customer masih banyak dan expedisi masih berjalan.

Dalam kebijakan Work From Home untuk beberapa karyawan kami hampir tidak ada kendala teknis, dan kegiatan work from home sebenarnya sudah dilakukan sebelum munculnya virus corona. salah satu karyawan kami di bagian customer servis yang bertugas melayani order customer dari rumah dengan memanfaatkan fasilitas internet dan hp sangat jarang mengalami kendala.

Kami juga memiliki team marketer freelance, yang mereka bertugas menjual produk tokoharits.com tanpa perlu modal dan proses packing maupun kirim. para marketer kami fasilitasi aplikasi yang berfunugsi untuk mengecek ketersediaan barang dan melakukan pemesanan untuk tiap customer mereka, sehingga praktis hanya bermodal handphone dan paket internet mereka tetap bisa berjualan.

Kami berharap agar wabah ini segera diangkat dan roda bisnis bisa segera pulih kembali, dan dimasa krisis global ini semoga para pengusaha muda indonesia tetap bisa bertahan dalam menghadapi berbagai hantaman, dan semoga musibah ini menjadikan pelajaran berharga.

Management

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *