Pakaian Rajutan Berbahan Akrilik (Acrylic)Posted by On 09-03-2020


Pakaian Rajutan Berbahan Akrilik (Acrylic) – Orlon, Zefron, Creslan, adalah nama-nama merek yang sudah dikenal dipasaran, yang dibuat dari serat termoplastik rajutan serat akrilik (acrylic) yang digunakan untuk pakaian atau untuk garis hiasan, seperti kerah, manset atau ikat pinggang. Banyak pakaian yang diberi sisipan dekoratif yang terbuat dari serat campuran akrilik atau serat akrilik murni. Sifat utama serat akrilik yang mengkilat menjadikannya populer untuk dibuat jaket, mantel dan baju hangat (sweater). Serat benang akrilik kadang-kadang dicampur dengan serat wool atau serat lainnya agar menjadi lebih lembut, lebih tinggi daya tahannya, dan agar tidak mudah melar.

Pakaian rajutan serat akrilik dipasarkan dengan beberapa merek dagang, misalnya Sayelle. Beberapa pakaian yang diberi merek dagang Sayelle tersebut, tidak memakai istilah generik dari serat akrilik.
Rajutan akrilik tidak mudah diidentifikasi jika hanya dengan melihat atau menyentuhnya. Oleh karena itu, setiap barang perlu memiliki label yang menyebutkan kandungan serat dan instruksi cara perawatannya dengan cukup lengkap. Pelabelan yang lengkap dan informatif akan sangat membantu mempermudah cara penanganan dan perawatannya dengan tepat.

Sifat khas rajutan serat akrilik

Sifat khas rajutan serat akrilik adalah mudah melar dan mudah pulih pada bentuk aslinya dengan baik. Namun jika terkena panas atau uap dalam kondisi teregang, maka akan menyebabkannya melar dan berubah secara permanen. Sebagian besar serat akrilik dapat dicuci dryclean atau dicuci air asalkan disiapkan pula air dengan suhu yang berbeda (dingin dan panas) untuk dapat dipergunakan. Karena sifat seratnya yang sensitif terhadap panas, maka pakaian akan bermasalah jika dikeringkan dengan yang suhu tinggi.

Panas atau uap yang digunakan menyetrika akan dapat menyebabkan pakaian rajutan tersebut melar. Oleh karena itu, dianjurkan agar pakaian disemprot uap atau disetrika dengan suhu rendah saja, dan tidak boleh ditekan ketika menyetrikanya dengan listrik ataupun dengan setrika uap. Tekanan akan menyebabkan pakaian menjadi melar dan sulit untuk diperbaiki. Beberapa rajutan akrilik lebih rentan mudah melar daripada serat yang lain.
Jika longgar, maka rajutan lebih rentan terbuka dan meregang dibandingkan dengan rajutan yang rapat. Melarnya pakaian minimal akan terjadi selama dipakai atau karena sering dipakai sehingga dianggap seakan-akan kondisi pakaian masih normal dan permanen.

Terjadinya pelengketan atau mengkilatnya rajutan akrilik biasanya terjadi ketika serat benang terkena panas ekstrim danatau tekanan. Kontak dengan benda yang sangat panas atau kontak dalam waktu yang cukup lama dengan benda panas akan menjadikannya mudah meleleh serta melapisi serat termoplastik. Seperti halnya dengan jenis kain lainnya, pakaian dari bahan rajutan akrilik bisa rusak secara fisik karena pemakaian ataupun karena aksi mekanis pada saat dicuci didalam mesin cuci. Menjadi sobek, menipis atau berlubang karena gesekan yang terjadi pada permukaan bahan akan dapat menyebabkan kerusakan struktur rajutannya. Kerusakan serat benang rajutan biasanya terjadi karena sudah aus dan akan semakin cepat rusak karena proses pencucian.

Cara Perawatannya

Proses pencucian secara drycleaning atau dicuci air biasa, keduanya adalah prosedur perawatan yang tepat untuk menangani pakaian rajutan dari serat akrilik. Sementara itu ada juga jenis pakaian yang kelihatannya tidak bermasalah jika dicuci, tetapi kenyataannya justru bermasalah. Oleh karena itu, disarankan untuk selalu mengikuti petunjuk cara perawatan yang telah diberikan oleh produsen, sebagaimana yang sudah tertera dilabel instruksinya yang tertempel dipakaian.

Semua karyawan harus mampu melakukan proses pencucian dan perawatan, termasuk hiasan-hiasannya. Jika harus dicuci drycleaning, lakukan dalam siklus yang singkat, kemudian dikeringkan dengan suhu yang rendah temperaturnya.

Karena kerentanannya terhadap peregangan, maka proses pengeringan rajutan akrilik tidak harus dilakukan sampai dengan selesai proses pendinginannya (cooling down). Peregangan atau tarikan pada bahan yang kemudian disemprot uap maka akan dapat menyebabkan bahan melar. Serat akrilik dapat dicuci secara laundry dan dikeringkan dengan aman asal dilakukan sesuai dengan label instruksinya.

Hal ini biasanya dilakukan dengan menggabungkan suhu yang hangat pada saat mencucinya didalam mesin cuci, kemudian dikeringkan dengan suhu yang rendah dalam mesin pengering atau dikeringkan dengan cara diletakkan secara mendatar (dibaringkan) sampai kering. Umumnya hanya perlu disetrika dengan cara disemprot uap sedikit atau diseterika listrik dengan suhu rendah.

Management

4 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *